mengeringkan smartphone/hape yang basah dengan silica gel - NAW_32
News Update
Loading...

Monday, December 2, 2013

mengeringkan smartphone/hape yang basah dengan silica gel

Sepertinya hari ini saya sedang sial, tadi pagi batal janjian sama temen. Eh, siangnya pas pulang kerumah kehujanan. Apes tenan cah.. Ternyata kesialan tidak berhenti sampai disitu saja, saya lupa kalau hape/smartphone kesayangan saya masih dikantong dan ikut kehujanan pas naik motor. Setelah sampe rumah hape sayah, ternyata masih hidup. Perasaan saya agak lega, tapi saya merasa aneh hape luarnya basah kuyup gini kok masih bisa hidup . Namun tak lama setelah saya tinggal untuk mengeringkan badan, tak cek lagi ternyata layarnya jadi berembun.

Saya langsung melepas casing dan batere smartphone agar tidak terjadi hal yang lebih buruk lagi, misalnya konslet. Nah, setelah itu bingung mau diapain.. wkwkwk.. saya ingat tips jika hape basah segera keringkan dengan lap, lepas casing dan batere, langsung rendam dalam beras. Beras?? ya menurut orang-orang yang sudah mencoba beras memang efektif untuk menyerap embun. Tapi beras nantinya kan untuk dimakan.. hehe.. ntar berabe klo emak ane pas mau masak beras tiba-tiba nongol hape. Ntar dikira dapet mukzizat.. wkwkwk..
Silica gel grade industry
Silica gel grade industri
Tiba-tiba saya ingat teringat dengan silica gel, yup, ternyata saya masih menyimpan silica gel grade industri sebanyak 1 kg sisa dari proyekan/penelitian bertahun-tahun yang lalu. hehe. Seperti yang telah kita ketahui, silica gel ini berfungsi untuk menyerap kelembaban air dalam udara. Udara yang kering membuat jamur akan sulit untuk bertahan hidup. Itulah mengapa kita sering melihat silica gel dengan bentuk sachet kecil dalam makanan atau obat-obatan. karena dengan menambah silica gel kedalam wadah obat/makanan menjadikan suasana wadah tersebut menjadi kering dan tidak ada jamur.


Secara garis besar, sepengetahuan saya silica gel terbagi menjadi 2 grade. Yaitu grade industri dan grade makanan/obat-obatan. Silica gel grade untuk makanan biasanya bentuknya butiran kecil bening dan mempunyai daya serap seadanya. Sedangkan Silica gel grade industri bentuknya butiran kecil namun memiliki daya serap lebih besar dari grade makanan. Selain itu silica gel grade industri diberi indikator warna biru berupa senyawa cobalt. Yang mana cobalt ini dapat berubah warna jika sudah menyerap banyak air. Jadi silica gel grade industri jika masih baru akan berwarna biru (cobalto) namun setelah banyak menyerap air, silica gel jenis ini akan berubah menjadi putih bening/pink. Jadi jika silica gel sudah berwarna putih bening/pink maka sudah tidak bisa menyerap air. Namun jangan khawatir, Silica gel grade industri dapat anda gunakan berkali-kali dengan cara dipanaskan/ disangrai dengan api kecil, dengan ini silica gel yang berwarna putih/pink tersebut akan berubah menjadi biru kembali dan dapat digunakan lagi.
Silica gel grade industri akan berubah warna menjadi putih bening/ pink jika sudah terlalu banyak menyerap air di udara.
Agar bisa digunakan lagi, silica gel grade industri bisa dipanaskan/ di sangrai dengan api kecil. Warna akan menjadi biru kembali

Selain itu harga silica gel industri harganya lebih mahal dari silica gel biasa. Seingat saya silica gel food grade harganya Rp 16.000/kg, sedangkan Silica gel grade industry harganya Rp 24.000/kg. Itu harga bertahun-tahun yang lalu, mungkin sekarang sudah naik. Silahkan cek sendiri di toko kimia. Nah karena kemampuan menyerap kelembaban yang keren dari silica gel ini, maka akan saya gunakan untuk mengeluarkan embun / air yang terdapat dalam smartphone saya. Menurut saya cara ini lebih efektif  dari pada pake beras. hehe

Nah untuk mengeringkan hape yang basah karena kehujanan ini saya menyiapkan wadah kedap udara semacam tupperwear gitu lah. Kemudian saya ambil segenggam- duagenggam silica gel dan memasukkannya ke dalam wadah tersebut beserta hape saya yang tentu saja sudah saya lepas casing dan baterenya. Setelah itu tutup rapat wadahnya diamkan beberapa jam. Cara ini juga efektif untuk mengeringkan hape yang nyemplung ke air atau ke wc (hape saya pernah masuk ke wc soalnya hehe)..
Smartphone saya sedang direndam dalam butiran silica gel

Tak hanya untuk mengeringkan hape/ smartphone yang basah. Silica gel grade industri ini juga efektif untuk mengeringkan perangkat elektronik yang lain. Misalnya flashdisk saya yang sering tercuci. Saya sendiri tidak menganjurkan untuk mengeringkan hape dengan cara ini karena tidak semua orang punya stok silica gel grade industri dirumah. Namun jika anda ingin mengeringkan hape yang basah dengan hasil yang maksimal, tak ada salahnya jika menggunakan silica gel ini.

aku tanpamu butiran silica gel


Share with your friends

Give us your opinion
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done